Komunitas Olahraga Kerja Bakti di Hutan UI


Sekitar 100 orang yang berasal dari berbagai komunitas sepeda dan lari melakukan 'kerja bakti' di Hutan UI, Depok, Jawa Barat, pada Minggu (17/3) lalu.

Acara yang dikemas dalam 'Grebek Hutan UI' ini ditujukan untuk membersihkan sampah yang ada di kawasan Hutan UI, khususnya di area jalur bersepeda dan lari. Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya dan digelar berangkat dari kondisi makin banyaknya sampah yang terdapat di kawasan ini. 

“Ide ini muncul karena trek makin lama makin banyak sampah. Kita coba untuk kesadarannya, makanya dibuatlah acara ini,” ungkap Adrian dari komunitas Roam-UI, selaku inisiator acara ini.



Dalam acara ini, seluruh peserta dibagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok bertanggung jawab di area yang telah ditentukan, diantaranya pumping track dan jalur sepeda di dalam hutan. 

Hasil dari kegiatan ini, sampah yang dihasilkan mencapai 1 truk, yang berupa sampah plastik dan sampah dari rumah tangga. 


Opa menambahkan, para peserta acara ini juga sepekat untuk mengggelar acara ini secara berkesinambungan. Diharapkan pula, setiap pesepeda memiliki kesadaran bahwa sampah itu tanggung jawab bersama dan harus tumbuh dari diri dari masing-masing.



Artikel terkait:

Baca juga:

Komentar