Review: Thrill Ricochet T140 2.0


Thrill Ricochet merupakan salah satu varian MTB yang diperkenalkan Thrill sejak beberapa tahun lalu. 

Tapi, kini Ricochet generasi baru telah mengalami sejumlah pembaruan. Bila sebelumnya lebih ditujukan untuk genre Cross Country (XC), maka pada kali ini Ricochet lebih mengarah ke disiplin yang saat ini tengah populer di tanah air, yakni All Mountain (AM) atau enduro. 

Secara umum, tampilan  Ricochet T140 2.0 cukup menarik. Masih mengusung desain yang sama dengan generasi sebelumnya, kombinasi warna hitam dan kuning di bagian frame-nya, membuat MTB ini tampak garang. Tubing frame berbahan alloy-nya yang besar, terutama di bagian downtube, juga menciptakan kesan yang kokoh. Desain MTB ini juga cukup dinamis dengan adanya lengkungan pada bagian top tube maupun downtube.






Sebagai MTB AM, Ricochet T140 2.0 memiliki fitur full suspension atau bersuspensi ganda. Untuk bagian depannya, MTB ini mengandalkan fork X-Fusion Sweep dengan travel 140mm. Sedangkan suspensi belakangnya menggunakan shock X-Fusion O2 Pro RL. Meski kurang populer, komponen tersebut telah dikenal memiliki performa yang tinggi. 



Yang menarik, fork dan shock dilengkapi fitur pengunci (lock). Khusus pada fork, fitur lock juga  dilengkapi remote lock.

Richocet dilengkapi dengan roda berukuran 27,5 inci yang telah menjadi standar umum MTB saat ini. Rodanya mengandalkan rim Araya DM-650 dan ban dari pabrikan Jerman, Schwalbe Hans Dampf (27.5"x2.35"). 



Dengan ban tersebut, rider akan bisa mendapatkan traksi yang lebih baik saat melaju di lintasan. Hub roda MTB ini juga telah menggunakan tipe Boost, yang lebih mumpuni dibanding model quick release standar.  

Jantung penggerak Richocet T140 2.0 juga cukup menarik, dimana memiliki spesifikasi 1x11speed dari Shimano SLX dan komponen lain. Hal itu akan membuat MTB ini terasa lebih nyaman saat melaju di lintasan datar, menurun, atau bahkan saat mendaki sekalipun.  



Untuk menahan laju roda atau mengontrol kecepatan, Ricochet T140 2.0 dilengkapi rem cakram Shimano tipe hidrolik. Model ini tentu lebih nyaman dibanding rem tipe mekanik.

Sementara itu, komponen untuk area kokpit dan seat post Ricochet dibekali dengan komponen dari Thrill. Tapi, stem-nya kali ini berikuran lebih pendek, layaknya yang terdapat pada sepeda AM umumnya.



Ricochet tentu bisa menjadi opsi menarik bagi mereka yang baru ingin menggeluti dunia MTB trail atau all mountain. Dengan desain serta segenap fitur yang tersedia, MTB ini sudah cukup memadai untuk menemani petualangan Anda di trek yang panjang dan menantang.  

Faktor menarik lainnya - seperti sepeda Thrill lainnya - harga Ricochet T140 2.0 pun tentu jauh lebih terjangkau - kurang dari Rp 17,5 juta - bila dibanding MTB sekelas atau dari merek premium lainnya.  


Spesifikasi lengkap:
Frame: Alloy, Multi-Link Main Pivot Susp System   
Fork: X-Fusion Sweep T:140mm, TA15, BOOST w/Remote
Shock: X- Fusion O2 Pro RL, E-E: 210mm    
Shifter: Shimano Deore SLX SL-M7000 1x11sp
Rear Derailleur: Shimano Deore SLX RD-M7000 11sp    
Brake Set: Shimano Hydraulic BR-M4050 Rear J-Kits    
Crank Set: Thrill MPX 11 32T, 170mm Hollow Boost   
Cassette: Sunrace 11-46T 11sp
Saddle: Thrill XC Pro
Rims: Araya DM-650
Tires: Schwalbe Hans Dampf (27.5" x 2.35")
Spokes: Stainless Steel
Color: Yellow-Black


Baca juga:


Komentar