Review Pacific Fluxus 3.0

Pacific Fluxus 3.0

 Salah satu pabrikan sepeda nasional Pacific belum lama ini meluncurkan sepeda gunung (MTB) terbarunya ke publik. MTB tersebut bersuspensi ganda yang dinamakan Fluxus 3.0.

Secara umum, Fluxus 3.0 dihadirkan bagi penggemar MTB Cross-country (XC) atau bagi mereka yang gemar menjelajah medan off road atau single track, namun ingin lebih nyaman, dibanding dengan sepeda hard-tail atau standar (single suspension).

Frame Fluxus 3.0 dibangun dari bahan aluminium 6061 yang telah menjadi standar umum MTB saat ini. Desain top tube-nya dibuat menurun sehingga memudahkan penggunanya saat mengayuh pedal, terutama saat melintasi jalan yang menanjak. Sementara, bagian down tube MTB ini menggunakan tubing (ukuran pipa) yang lebih besar dari bagian lainnya, sehingga membuat tampilannya semakin kokoh. 

Pacific Fluxus 3.0


Pacific Fluxus 3.0


Pacific Fluxus 3.0


Sebagai sebuah MTB fulsus, frame Fluxus 3.0  mengusung desain desain 4 bar linkage dengan shock vertikal yang membuat sepeda ini terasa nyaman saat melintasi jalan offroad.

Shock yang digunakan adalah SR Suntour Raidon yang berupa suspensi dengan pegas udara (air shock). Shock Fluxus 3.0 juga dilengkapi fitur “lock” sehingga rider bisa memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan – posisi “open” saat di medan off road atau “close” saat di medan flat atau jalan raya.

Fluxus 3.0 dilengkapi shock SR Suntour Raidon yang berupa suspensi dengan pegas udara (air shock)


Fitur menarik pada frame lainnya adalah jalur kabel internal yang membuat sepeda ini tampak lebih “bersih” dari kabel yang menjulr dan tapered headtube – desain head tube terbaru yang membuat fork lebih kokoh dan stabil.

Hanya saja, jalur kabel internal hanya terdapat di bagian segi tiga depan. Sementara di bagian belakang, kabel rem dan rear derraileur (RD) masih nampak.

Untuk suspensi depan atau fork, Fluxus 3.0 menggunakan fork besutan SR Suntour XCM 30 dengan pegas koil atau per untuk mengakomodir roda berukutan 27,5 inci (650B). Meski demikian, fork ini sudah cukup mumpuni untuk diajak melewati single track. Fork ini juga memiliki fitur yang sama dengan shock-nya yang bermanfaat bagi pengguna MTB ini.

SR Suntour XCM 30


Untuk drivetrain (komponen penggerak), Fluxus 3.0 dibekali groupset 20 (2x10) speed dari Shimano Deore (campuran) yang dikenal lebih nyaman dan mumpuni. Tapi, komponen tipe Deore hanya terdapat pada bagian shifter (tuas pemindah gigi) dan RD. Selebihnya, meski bukan dari Deore, crankset (gir depan) Fluxus 3.0 sudah menggunakan bottom bracket (BB) tipe hollowtech, yang bobotnya lebih ringan dan mumpuni dari BB tipe square (kotak).

Fluxus 3.0 dibekali groupset 20 (2x10) speed dari Shimano Deore (campuran)


Shifter Shimano Deore


Cassette 10 speed


Rem cakram hidrolik


Untuk menahan laju MTB ini, Fluxus 3.0 mengandalkan rem cakram hidrolik dari Shimano, yang performa dan kenyamanannya lebih baik dari tipe mekanik. 

Seperti telah disinggung di atas, Fluxus 3.0 menggunakan roda dengan standar baru MTB, 27,5 inci, dengan kombinasi rim alloy tipe double wall dan hub (as roda) tipe quick release. Bannya mengusung CST Patrol (27,5x2,35). Namun MTB ini juga bisa menggunakan ban yang lebih lebar – hingga ukuran 2.40 - seperti pada unit yang terdapat pada foto.

Sedangkan untuk komponen pada area kokpit, Fluxus 3.0 menggunakan komponen dari pabrikan yang berbahan alloy dan ringan.

Komponen kokpit Fluxus 3.0 


Komponen kokpit Fluxus 3.0 


Sadel dan seatpost Fluxus 3.0


Kesimpulan
Paket Fluxus 3.0 memang cukup menarik buat yang Anda ingin memiliki MTB XC, baik untuk sekadar berolahraga atau bertualang di single track. MTB ini menawarkan performa yang baik dan tentunya kenyamanan dengan lebih nyaman dibanding MTB tipe hardtail.

Dengan paket yang dimilikinya dan harganya, yang sekitar Rp 9 juta, Fluxus 3.0 bisa menjadi opsi menarik buat Anda yang tengah mencari sepeda MTB fulsus berkualitas namun dengan harga yang lebih ramah dengan kantong. ***


Baca juga:
Bruni dan Seagrave Berjaya di PD MTB DH Slovenia
Foto: Para Dahon-ers Jajal MRT

Komentar