Rolling Jam: Sosialisasikan Regulasi Kompetisi dan Pencarian Bibit Atlet

Para rider yang berlomba di nomor BMX Racing 

Sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan regulasi dalam sebuah kejuaraan balap sepeda dan pencarian bibit-bibit atlet balap sepeda, menjadi alasan utama bagi sejumlah komunitas yang menggelar event Rolling Jam, akhir pekan lalu. 


Bertempat di BSD Xtreme Park, kompetisi ini merupakan inisiatif dari sejumlah komunitas MTB dan BMX di Jabodetabek dan melombakan sejumlah nomor, yaitu BMX Racing, MTB 4X dan Balance Bike. 

Meski bersifat regional, kompetisi ini ternyata mendapat sambutan positif dari penggemar sepeda di Jabodetabek. Buktinya, terdapat 183 rider yang tercatat sebagai peserta event ini. Diantara peserta tersebut juga terdapat sejumlah rider asal Bandung, Jawa Barat, yang diundang secara khusus oleh penyelenggara.  

Menurut Dede Dewanthono, salah satu inisiator Rolling Jam, event ini memiliki beberapa target yang ingin dicapai. Disamping sebagai ajang sosialisasi regulasi lomba yang sesuai standar bagi para pebalap, event ini juga ditujukan sebagai ajang pencarian bibit-bibit balap sepeda, khususnya di Jabodetabek. 


Para rider yang berlomba di nomor MTB 4X


“Pertama sosialisasi tentang lomba, dengan mengikuti aturan minimal ISSI, dengan acuan UCI. (Kemudian) mencari minat dan bakat bibit-bibit baru di Jabodetabek,” ungkap Dede yang juga menjadi pengurus ISSI DKI Jakarta. 

Diadakannya nomor Balance Bike pada event ini juga memiliki alasan tersendiri. Selain jumlah peminatnya yang terus bertambah, para rider cilik ini diharapkan bisa menjadi atlet masa depan. 

“Kita adakan Balance Bike karena diharapkan ridernya bisa meneruskan,” tambah Dede.  

Rolling Jam melombakan sejumlah nomor dan kategori, diantaranya Balance Bike (di bawah 6 tahun), BMX Racing (untuk usia 6-23 tahun) dan MTB 4X (Junior hingga Master B).


Rider cilik yang berlomba di nomo Balance Bike bersiap di garis start


Lebih lanjut, Dede menjelaskan, event Rolling Jam akan berlanjut dengan seris-seri berikutnya. 

“Kita merencanakan 4 seri di Jabodetabek. Mungkin, 1 seri (adalah) sesi sparing partner di Bandung,” pungkasnya.     


Para pemenang di salah satu kategori di nomor BMX Racing


Baca juga:


Komentar