Groupset Shimano GRX Dipastikan Segera Hadir di Indonesia


Seiring dengan berkembangnya penggemar sepeda gravel di dunia, termasuk Indonesia, Shimano telah meluncurkan groupset terbarunya, GRX. Komponen ini didekasikan untuk para pecinta gravel di seluruh dunia yang ingin bertualang dengan mengutamakan kecepatan dan tangguh diberbagai medan.

Groupset Shimano GRX diluncurkan dalam beberapa seri, yaitu RX800, RX600 atau RX400. Groupset ini hadir dengan 3 opsi drivetrain - 1x11, 2x11 dan 2x10 speed - serta 3 opsi shifting (perpindahan gigi) - mekanik dan elektronik (Di2).

Komponen GRX mengkombinasi teknologi drivetrain pada road bike dan mountain bike (MTB) terbaik dari Shimano dan diklaim mampu memberikan perpindahan gigi yang stabil dan presisi.

“GRX, adalah jawaban dari Shimano untuk gravel-bike, yang saat ini sangat populer di Eropa dan mulai berkembang di Indonesia. GRX adalah perpaduan antara road bike-mountain bike dan merupakan pelopor untuk komponen khusus Gravel,“ ungkap Sugi Mulyono, Product Manager CV Roda Lintas Khatulistiwa selaku distributor Shimano di Indonesia dalam keterangan tertulisnya.

“Selain itu, GRX juga memberikan opsi penggunaan cassette sprocket dengan range yang lebih lebar (maks. 42T untuk 1x11, 34T untuk 2x12, 36T untuk 2x10) akan memanjakan rider yang hobby melahap medan tanjakan. GRX akan segera hadir di outlet Rodalink Indonesia ataupun dealer resmi kami dalam waktu dekat,“ tambah Sugi.

Hanya saja, belum diketahui, berapa kisaran harga groupset ini.

Untuk diketahui, Gravel bike adalah sebuah sepeda yang dirancang untuk mampu melaju di berbagai medan, baik jalan raya maupun off-road. Sekilas, sepeda ini tampak seperti road bike, namun menggunakan ban yang lebih lebar dan rem cakram. Kompetisi resmi untuk sepeda ini adalah race Cyclo-cross (CX) yang marak digelar di Eropa dan AS. ***

Foto: Shimano

Baca juga:
Review Pacific Fluxus 3.0


Komentar