Groupset Shimano GRX Meluncur, Inilah Paket dan Teknologinya



Raksasa komponen sepeda asal Jepang, Shimano telah merilis groupset GRX. Oleh distributornya di Indonesia, Roda Lintas Khatulistiwa, komponen ini pun dipastikan akan masuk ke tanah air dalam waktu dekat.

Groupset GRX sendiri adalah jawaban dari Shimano untuk gravel-bike, yang saat ini sangat populer di Eropa dan mulai berkembang di Indonesia. GRX adalah perpaduan antara road bike-mountain bike dan merupakan pelopor di kelasnya. Komponen ini juga diklaim memberikan perpindahan gigi yang stabil dan presisi.

Paket Groupset GRX terdiri dari serangkaian komponen, yang terdiri dari crankset, dront derailleurs (FD), rear derailleurs (RD), levers dan sistem pengereman. Selain itu, dalam keluarga GRX juga terdapat wheelset (set roda) yang didesain khsusus untuk medan gravel (berbatu). Semua komponen tersebut memiliki sejumlah fitur unik.

Pada komponen crankset misalnya, komponen ini memiliki chainline (garis/jalur rantai) yang lebih lebar 2,5mm yang ditujukan untuk memberikan jarak yang lebih pada bagian ban dan frame. Komponen ini juga memiliki teknologi Shimano Dynamic Chain Engagement GRX, yang berfungsi meningkatkan retensi rantai sehingga rantai tidak mudah terlepas ketika melalui medan yang bumpy (bergelombang).

Crankset GRX single chainring


Crankset GRX dual chainring


Tersedia dalam dua opsi, single dan dual chainring, pada tipe single chainring 1x11 speed, pilihan crankset yang tersedia adalah 40T, 42T (RX810) dan 40T (RX600), yang dapat dikombinasikan dengan cassette sprocket 40T atau 42T. Sedangkan tipe double chainring hadir dengan pilihan crankset 48-31T (RX810) dan 46-30T (RX600), yang dapat dikombinasikan dengan cassette sprocket maksimal 34T. Khusus untuk tipe single chainring 1x10, hanya tersedia 1 pilihan crankset, yaitu 46-30T (RX400) yang dapat dikombinasikan dengan cassette sprocket maksimal 36T.

Untuk komponen FD tersedia versi Di2 (FD-RX815) dan mekanik (FD-RX810/RX400). Komponen ini didesain mampu bergeser keluar 2,5 mm untuk mengadaptasi ukuran ban yang lebih besar (hingga 42mm) atau untuk melalui medan offroad.

FD GRX



Sedangkan RD tersedia dalam versi Di2 (RD-RX815/RX817) dan versi mekanik (RD-RX810/RX812/RX400). Keduanya didesain untuk menciptakan gear shifting (pergantian gir) yang mulus, senyap dan andal untuk menghadapi medan berat. Komponen ini juga dilengkapi dengan chain stabilizing system (sistem penstabil rantai) yang dikenal dengan SHADOW RD+, yang mampu meminimalisir gerakan derailleur yang tidak perlu dan memberikan performa shifting yang tidak terputus.

RD GRX


Shifter GRX didesain sangat ergonomis (versi Di2: ST-RX815 atau versi Mekanik: ST-RX810/RX600/RX400, ST-RX810-LA) dan menampilkan axis point 18 mm lebih tinggi, desain brake lever (tuas rem) yang lebih melengkung dan memiliki lapisan permukaan yang antislip.

Shifter GRX


Brake levers GRX


Untuk pengereman, komponen GRX memiliki Braking System yang diklaim memiliki daya cengkram rem yang optimal untuk mengontrol kecepatan dalam segala kondisi. Pada varian teratas, RX800 series brake levers (ST-RX815), dilengkapi dengan fitur Servo Wave Technology, yang berasal dari teknologi MTB. Sementara, pada versi RX810 non-Servo Wave atau seri RX600 dan RX400, daya pengereman disebut-sebut seperti pada disc brake pada seri Ultegra, 105 atau Tiagra.

Pada sistem pengereman, GRX juga terdapat kaliper (BR-RX810/400) yang mengadopsi flatmount road calipers dan memiliki fitur one way bleeding dan ICE TECHNOLOGIES, sehingga dapat menyerap panas di bagian brakepads dan rotor untuk pendinginan yang lebih efisien dan kinerja rem yang tahan lama.

Kaliper GRX


Sedangkan pada sisi wheelset, komponen ini menggunakan E-THRU Axle (WH-RX570-TL-F12/R12) 12 mm, dengan ukuran 700c atau 650b (non boost) dan memiliki fitur tubeless ready. Roda ini juga dilengkapi dengan inner rim (bagian dalam rim) yang lebih lebar, 21,6 mm, dengan ketinggian dinding wheelset 22 mm.

Wheelset GRX hadir dalam ukuran 700c atau 650b (non boost) dan memiliki fitur tubeless ready


***

Foto: Shimano


Baca juga:

Komentar