UCI Gelar Seri Piala Dunia E-MTB XC

Ilustrasi: Kejuaraan E-MTB yang digelar di Eropa 


Persatuan olahraga bersepeda internasional (UCI) dipastiakan akan menggelar seri piala dunia E-MTB XC (Cross-country) pada tahun 2020. Hal itu dipastikan dalam siaran pers yang dirilis oleh badan tertinggi olahraga bersepeda tersebut baru-baru ini.

Seri Piala Dunia E-MTB XC 2020 akan digelar dalam 5 putaran yang akan dibuka pada awal Maret mendatang di Monaco dan berakhir di Barcelona (Spanyol) pada Oktober mendatang. Penyelenggaraan seri piala dunia yang untuk pertama kalinya ini, UCI menggandeng World E-Bike Series Management (WES) sebagai penyelenggara.

“Peluncuran Piala Dunia E-MTB XC adalah sebuah langkah penting dalam mengembangkan disiplin ini, paling tidak dalam perkembangan teknis – berkolaborasi dengan pabrikan – dan sebagai promosi aktivitas tersebut dengan masa depan yang cerah, “ demikian pernyataan UCI dalam siaran pers-nya.

Seri Piala Dunia E-MTB XC 2020 akan digelar dalam 5 putaran


Seiring dengan makin banyaknya pengguna e-MTB, kini telah dimasukkan dalam kalender internasional UCI dan diikuti oleh para rider top dunia, diantaranya juara Olimpiade 2 kali dan juara dunia 5 kali, Julien Absalon, Nathalie Schneitter dan peraih medali perunggu Olimpiade Marco Aurelio Fontana.

Untuk diketahui, e-MTB merupakan sepeda yang menggunakan 2 sumber energi, yakni kaki dan motor bertenaga listrik, yang berfungsi saat pedal dikayuh pesepeda. Motor yang digunakan memiliki tenaga maksimum 250 watt, yang akan berhenti membantu rider pada kecepatan 25 km/jam.

Berikut kalender Piala Dunia E-MTB XC 2020
6-7 Maret: Monaco
17-18 April: Ascona-Locarno (Swiss)
5-6 Juni: Bologna (Italia)
11-12 September: akan diumumkan lebih lanjut
2-3 Oktober: Barcelona (Spanyol)

Foto: Instagram/wesseries


Komentar