Buntut Pandemi Corona: Olimpiade Tokyo Ditunda Hingga 2021


(Foto: Tokyo2020/Getty Images)

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach telah sepakat untuk menunda penyelenggaraan Olimpiade Tokyo dan Paralimpiade sampai tahun 2021 karena pandemi Corona.

"Mengingat kondisi saat ini dan untuk kepentingan semua atlet, kami membuat proposal penundaan sekitar satu tahun, untuk menahan mereka agar aman dan aman," kata Abe pada hari Selasa (lalu) setelah konferensi dengan Bach.

"Presiden Bach mengatakan dia setuju 100 persen dan kami sepakat untuk menyelenggarakan Olimpiade pada musim panas 2021," tambahnya.

Nomor Road Race akan menjadi nomor lomba pembuka cabang balap sepeda (Foto: Tokyo2020/Getty Images)

Olimpiade 2020 sebelumnya dijadwalkan akan berlangsung mulai 24 Juli hingga 9 Agustus, dibuka dengan nomor Road Race. Tetapi melihat kondisi dalam beberapa pekan terakhir kondisinya makin meragukan akibat pandemi Covid-19 yang terus meningkat dan makin banyak negara yang memberlakukan pembatasan perjalanan dan pertemuan publik. Tercatat, lebih dari 390 ribu kasus Covid-19 yang telah dikonfirmasi di seluruh dunia.

"Dalam keadaan sekarang ini dan berdasarkan informasi yang diberikan oleh WHO hari ini, Presiden IOC dan Perdana Menteri Jepang telah menyimpulkan bahwa Olimpiade XXXII di Tokyo harus dijadwal ulang hingga setelah 2020, tetapi tidak lebih dari musim panas 2021, untuk menjaga kesehatan para atlet, semua orang yang terlibat di Olimpiade dan komunitas internasional," ungkap pernyataan IOC. 

Namun demikian, nama event tersebut disepekati akan tetap menggunakan nama sebelumnya. 

"Juga disepakati bahwa Olimpiade akan mempertahankan nama Olimpiade dan Paralimpik Tokyo 2020."

Sumber: Cyclingnews




Komentar