Ravage AL 1.0 29: “Senjata” XC Baru Dari Thrill


Ravage AL 1.0 29"

Seiring dengan tren MTB dewasa ini, yang menggunakan roda berukuran 29 inci, pabrikan ataupun merek lokal pun tak ingin ketinggalan. Salah satunya ada Thrill, yang pada tahun ini meluncurkan MTB hardtail terbarunya, Ravage AL 1.0 29”.

MTB seri Ravage sendiri mungkin sudah tak asing lagi di kancah MTB nasional. Seri ini telah muncul sejak beberapa tahun lalu. Namun pada tahun 2020, seri Ravage, khususnya 1.0, menawarkan serangkaian fitur baru dan tentunya roda besar, 29 inci. Tipe ini merupakan tipe tertinggi dari seri Ravage yang diluncurkan pada tahun 2020. 

Ravage AL 1.0 29 telah menggunakan roda besar, 29"

Secara umum, frame Ravage AL 1.0 29 masih mengusung desain yang sama dengan pendahulunya. Selain masih mengandalkan frame yang berbahan aluminum alloy, frame MTB ini turut mempertahankan desain di head tube yang khas. Desain ini membuat stem dan handlebar pada MTB ini tampak sejajar dengan top tube. 

Namun, sebagai MTB terbaru, tentu saja ada yang berbeda. Hal itu nampak  di area seat tube, dimana di bagian bawahnya dibuat melengkung dan membuat MTB ini berbeda dari seri Ravage lainnya, yang umumnya dibuat lurus. 

Hal lain pada frame Ravage AL 1.0 29” yang unik adalah pada sisi grafisnya. MTB ini menampilkan kesan yang gagah lewat dominasi warna hitam doff dan dark grey (abu-abu gelap) di sebagian area top tube, seat tube dan seat stays. 

Frame pada Ravage AL 1.0 29 juga dilengkapi dengan fitur lain, dengan adanya sejumlah lubang untuk jalur kabel internal di bagian down tube dan seat tube, yang berguna bagi rider yang ingin menggunakan shifter atau pun seat post hidrolik. Fitur lainnya, frame MTB ini juga telah juga mendukung sistem Boost dan terdapat mounting di sekitar bottom bracket (BB) untuk memasang chain guide ataupun Front Ferailleur (FD).

Frame telah mendukung jalur kabel internal


Sesuai dengan namanya, Ravage AL 1.0 29” menggunakan roda berdiameter 29 inci, yang telah menjadi standar baru di ajang balap MTB dunia, baik di segmen XC, Enduro maupun Downhill. Roda MTB ini dibangun dari hasil racikan rim GRIT DB-30 double wall (berdinding ganda) serta ban dari pabrikan ternama, Schwalbe Smart Sam berukuran 29x2.10”. 

Penggunaan ban yang tidak terlalu lebar itu, sepertinya memang ditujukan agar MTB ini dapat bergerak lincah di atas lintasan dan membuat rider bisa merasa lebih ringan saat mengayuh pedal. 

Grafis keren di area top tube


Tak hanya itu, free hub pada roda Ravage AL 1.0 29” juga telah menggunakan tipe Thru Axle (TA) Boost, yang membuat roda lebih stabil dibandingkan roda dengan tipe Quick Release (QR). 

Untuk menopang roda depan sekaligus meredam lintasan yang kasar, Ravage AL 1.0 29” dibekali fork dari merek terkenal, RockShox Judy TR-R yang bertravel 100 mm. Fork ini juga terasa istimewa dengan adanya fitur Remote Lock (RL), yang memungkinkan rider dapat mengontrol kinerja suspensi, lewat sebuah tuas yang terpasang di handle bar.   

RockShox Judy TR-R


Untuk komponen penggeraknya, Ravage AL 1.0 29” dibekali dengan groupset 11 speed (1x11 speed) hasil racikan dari sejumlah merek, diantaranya Shimano XT, Grit Dab dan Thrill. 

Untuk mengontrol gir serta pengereman, Ravage 1.0 menggunakan shifter milik Shimano Deore XT SL-M8000 dan brake set Hidrolik AMT 201. Sedangkan untuk part lainnya - stem, handle bar, seat post dan Saddle – MTB ini menggunakan part dari Thrill, yang semuanya berbahan alloy. 

Crank Set Thrill Charm 32T  Hollow


Rear Derailleur menggunakan Shimano Deore XT RD-M8000 11 Speed


Hadir dengan 1 pilihan warna, Ravage 1.0 menawarkan sejumlah ukuran frame yang bervariasi, mulai dari S, M dan L.  

Soal harga, Thrill Ravage AL 1.0 sendiri ditawarkan dengan harga yang cukup menggiurkan. Dikutip dari situs resmi Thrill, MTB ini hanya dibanderol dengan Rp11,3 juta-an saja.


Spesifikasi Ravage AL 1.0 29”
Color: Matte Black Grey
Frame: Alloy Hydroformed, Boost, TA
Fork: RockShox Judy TR-R, Boost, TA, Travel: 100mm
Shifter: Shimano Deore XT SL-M8000, 11 Speed    
Rear Derailleur: Shimano Deore XT RD-M8000, 11 Speed
Brake: Shimano Hydraulic AMT 201, Rear: J Kits    
Crank Set: Thrill Charm, Boost, 32T, Hollow, 170 mm    
Cassette: Grit Dab 11-46 T, 11 Speed    
Saddle: Thrill X-Country Pro    
Seat Post: Thrill AL 6061 30.9 x 400 mm    
Rims: Grit DB-30, Double Wall, Internal Width: 29 x 24 mm
Tires: Schwalbe Smart Sam 29" x 2.10    
Spokes: Stainless Steel    




Komentar