Maxxis Rilis Ban XC Wide Trail

Ban Maxxis Aspen dan Rekon Race Wide Trail

Pabrikan ban global Maxxis baru-baru ini merilis ban MTB terbarunya. Didesain untuk penggunaan di segmen XC (Cross-country), ban baru ini dinamakan Wide Trail.

Wide Trail (WT) sebenarnya merupakan sebuah konsep atau teknologi baru milik Maxxis. Teknologi tersebut kini diaplikasikan pada ban XC yang telah eksis di ajang balap dunia, yaitu Aspen dan Rekon Race. 

Menurut Maxxis, ban jenis WT dikembangkan oleh para rider XC top dunia, seperti Nino Schurter dan Kate Courtney, serta rider lain di tim SCOTT-SRAM MTB Racing Team. 

Menurut Nino Schurter, traksi pada ban WT XC membantunya dalam mengontrol sepeda di bagian lintasan yang sulit. 

“Dengan traksi yang lebih baik dari ban WT XC, membantu dalam mengontrol sepeda di bagian lintasan yang sulit. Saya mampu berkendara pada batas maksimal sambil tetap bisa mengontrol sepeda saya,” ungkap juara dunia XC itu. 

Sementara itu, juara dunia XC wanita, Kate Courtney, menyebut ban WT memiliki kombinasi terbaik antara performa dan kekuatan.  

“Bagi saya, 2 faktor terbesar pada sebuah ban adalah performa dan kekuatan. Ban WT XC adalah kombinasi terbaik dari keduanya," kata rider asal AS itu.

Ban XC Wide Trail akan optimal bila digunakan dengan rim yang memiliki lebar internal 30mm


Secara umum, ban WT adalah ban yang didesain untuk digunakan bersama rim lebar. Menurut Maxxis, ban WT dapat digunakan dengan rim yang memiliki lebar internal 25 hingga 30mm. Namun, ban ini akan optimal bila digunakan dengan rim yang memiliki lebar internal 30mm. 

Dengan demikian, para rider dapat melaju dengan tekanan ban yang lebih rendah, sehingga mampu memperbaiki traksi dan kenyamanan, sambil tetap menurunkan rolling resistance. 

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, ban WT hadir dalam tipe ban Aspen dan Rekon Race dengan ukuran 29” x 2.40 dan kedua ban tersebut memiliki kapasitas tekanan yg sama, yaitu antara 25 hingga 50 psi.

Maxxis juga merekomendasikan bahwa penggunaan ban WT sebaiknya memiliki jarak 6mm, antara ban dengan frame dan fork.

Spesifikasi
Aspen and Rekon Race tread patterns
Size: 29x2.40WT 
• 30mm internal rim width recommended
• 25-30mm internal rim width acceptable
Casing: 120 TPI 
Dual Compound
EXO Protection reinforced sidewall
Tubeless Ready
Bobot: Aspen (720g), Rekon Race (760g)

Foto: Maxxis.com

Komentar