• Baru Dibuka! Mahoni Bike Park Tawarkan Jalur dan Fasilitas Menarik untuk Penggemar MTB



    Bagi pesepeda gunung (Mountain Bike/MTB) di Jabodetabek, kini mempunyai pilihan untuk menikmati track bersepeda, Mahoni Bike Park (MBP) di Sawangan, Depok, Jawa Barat (Jabar). Bike park yang dibuka untuk umum mulai Minggu (28/2/2021) ini dibangun oleh komunitas sepeda di sekitar Sawangan dan Depok. 

    "Bike park ini sebagai sarana berlatih bagi penggiat sepeda, penggunaannya sesuai protokol kesehatan Covid-19, yakni 3 M (memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan) sesuai anjuran pemerintah," kata penggiat komunitas sepeda Sawangan, Kikid. S. Adibroto, Minggu (28/2/2021).

    Kikid mengungkapkan kehadiran MBP merupakan kepedulian komunitas sepeda di Depok bagi kemajuan persepedahan di Jabodetabek. "Ini merupakan lokasi untuk tempat berkumpul, berlatih, dan  besilaturahmi bagi penggiat sepeda. MBP menjadi sarana bagi komunitas sepeda khususnya di sekitar Depok, Sawangan dan Tangerang Selatan," kata Kikid. 

    Mahoni Bike Park Tawarkan Jalur dan Fasilitas Menarik untuk Penggemar MTB (Dok. MBP)

     

    Seorang rider tengah mencoba obstacle yang ada di MBP 

    Pengelola MBP Aulia Rahman merasa bersyukur dan berterima kasih kepada donatur dan penggagas perbaikan MBP sehingga bike park ini layak sebagai tempat bermain dan berlatih. 

    "Sebelumnya kawasan ini bernama JAG, tetapi fasilitasnya belum maksimal. Saat ini lokasi tersebut sudah disempurnakan dan layak untuk berlatih," kata Aulia. 

    Menurut Koordinator pembangunan MBP dari komunitas sepeda blusukers Limo, Tina Lestari, lahan di kawasan MBP sekitar 8 hektare (ha). Namun yang dikembangkan sebagai bike park hanya 2 ha. 

    Jalur dan fasilitas yang terdapat di MBP ini tergolong lengkap. Ada pumping trek, table top, drop flat, berm line dan XC (Cross country) track. Semua ini untuk memenuhi kebutuhan rider dalam aktivitas berlatihnya. "Fasilitas bike park ini untuk meningkatkan kemampuan teman-teman komunitas dalam bersepeda," imbuh Tina. 

    Jalur dan fasilitas yang terdapat di MBP ini diklaim tergolong lengkap (Dok. MBP)

    Trek MBP sudah dilengkapi aturan-aturan yang wajib dipatuhi pesepeda, seperti perlengkapan keamanan diri, pengetahuan mengenai sepeda dan kemampuan teknik bersepeda. "Bagi pesepeda baru diharapkan berlatih dulu di track XC yang sudah di siapkan," kata dia.

    Pembangunan MBP yang tepat di seberang pintu gerbang perumahan Telaga Golf Sawangan ini diorganisir oleh komunitas Blusukers. Untuk desain bike park dirancang oleh Emir dari Cihideung Bike Park. 

  • Rekomendasi artikel

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.