Lake Toba Bike Adventure Siap digelar April

 


Sumatera Utara, khususnya Danau Toba, akan terus menjadi Indonesia’s Top Destination terutama setelah pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kemenparekraf, telah memasukkan Danau Toba ke dalam Lima Destinasi Super Prioritas (DSP) Indonesia yang disaring dari program '10 Bali baru' yang dicanangkan pemerintah, selain empat daerah lainnya - Borobudur di Jawa Tengah, Likupang di Sulawesi Utara, Mandalika di Nusa Tenggara Barat dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur. Pengembangan destinasi-destinasi tersebut terus dilakukan mencakup infrastruktur, kesiapan sumber daya manusia hingga calendar of events. 

 

Ilustrasi: Sejumlah cyclist tengah menjelajahi di kawasan Danau Toba 

 

Menyambut baik apa yang telah dicanangkan pemerintah, Arras Adventure bekerja sama dengan pemerintah daerah Sumatera Utara dan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) akan menyelenggarakan “Lake Toba Bike Adventure” pada 1 hingga 4 April 2021mendatang, sebagai sebuah kegiatan yang mendukung wisata olahraga serta menuju program pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) Indonesia. 

Danau Toba yang banyak sekali menyajikan spot wisata alam dan budaya menjadi salah satu ide dibalik terselenggaranya Lake Toba Bike Adventure di mana event tersebut ingin mengajak wisatawan, pencinta olahraga sepeda, serta petualang untuk menikmati keindahan Danau Toba sambil meng’gowes’ sepeda sebagai bentuk berwisata ramah lingkungan dan sehat yang sangat perlu dilakukan di tengah krisis kesehatan akibat pandemic Covid-19 yang hadapi dunia saat ini. 

Ilustrasi: Lake Toba Bike Adventure menawarkan wisata sambil bersepeda


Ilustrasi: Saat bersepeda, peserta Lake Toba Bike Adventure akan diajak singgah di sejumlah obyek wisata di kawasan Danau Toba

Dengan tema “The Adventure of Toba”, Lake Toba Bike Adventure adalah tentang semangat berpetualang dan menikmati sportourism yang berbeda, di mana nantinya selama empat hari tiga malam, peserta akan bersepeda melalui jalur-jalur bervariasi, termasuk medan gravel, hutan serta jalan raya sambil menikmati panorama Danau Toba dan budaya masyarakat lokal. 

Lake Toba Bike Adventure diselenggarakan dengan konsep adaptasi New Normal yang akan menerapkan protokol kesehatan kepada seluruh peserta, panitia dan pengunjung event ini. Event ini juga akan memberikan layanan terintegrasi mulai dari mencari informasi, rute kegiatan, jasa angkut peralatan olahraga, hingga mencari bantuan saat di lokasi. 

Kegiatan yang didukung oleh Kemenparekraf ini akan diramaikan dengan lomba fotografi dan vlog sebagai salah satu upaya kami mempromosikan wisata petualangan sepeda di Danau Toba yang diharapkan dapat diterapkan oleh daerah-daerah lain di  Indonesia.

“Pandemi Covid-19 sangat berdampak bagi sektor pariwisata. Kini, pemerintah Indonesia mengajak segenap masyarakat untuk produktif dan bersama-sama membangkitkan perekonomian Indonesia. Kami sebagai penggiat olahraga sepeda sangat senang melihat antusias masyarakat terhadap olahraga ini yang begitu meningkat pesat di masa krisis kesehatan ini, serta kerinduan masyarakat untuk kembali berwisata dan menghirup alam bebas yang kami manfaatkan dengan menciptakan Lake Toba Bike Adventure. Event ini, yang disambut baik oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, yang kami harapkan menjadi awal yang baik bagi kebangkitan pariwisata Indonesia, khususnya untuk Sumatera Utara.” kata Julita Saragih, CEO Arras Adventure dalam siaran pers.

Lake Toba Bike Adventure akan menjadi pembuka beberapa rencana event Arras Adventure selanjutnya, seperti Toba Caldera Hot Air Balloon Festival, Lake Toba Kayaking Festival, Lake Toba Loop Cycling Challenge, Lake Toba Adventure Race dan Toba Caldera Rally Bike. 

***

Foto: Arras Adventure

Lake Toba Bike Adventure Siap digelar April Lake Toba Bike Adventure Siap digelar April Reviewed by Admin on Maret 03, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.