• Pedal QR, Opsi Menarik Buat Para Urban Cyclist

     




    Pedal menjadi komponen penting pada sepeda. Tanpanya, kita akan sangat sulit menggerakkan gir dan membuat sepeda bisa bergerak.


    Saat ini mungkin tersedia banyak pilihan pedal di pasaran. Tapi pedal yang satu ini memiliki desain khusus dan cocok untuk kalangan urban cyclist ataupun para komuter.


    Ya, pedal yang dimaksud adalah pedal quick release (QR). Sesuai sebutannya, pedal ini dapat dipasang atau dilepas dari crank arm sepeda, tanpa harus menggunakan kunci pas atau kunci khusus lainnya, sehingga membuatnya lebih praktis.


    Bila anda sering menggunakan MRT atau commuter line, menggunakan pedal QR akan lebih praktis sekaligus membuat dimensi sepeda lipat anda lebih compact. 

     

    Salah satu pedal QR yang beredar di pasaran, Syte ST-M142 (Foto: Pacific Bike)

     


    Pedal QR kini sebenarnya sudah banyak terdapat pada sepeda lipat yang ditawarkan oleh sejumlah pabrikan di tanah air. Tapi, bila sepeda anda belum menggunakan pedal ini, anda bisa membelinya secara terpisah.


    Pedal QR sendiri, secara umum terdiri dari 3 bagian, yaitu bodi pedal, bracket untuk dipasang pada crank arm, dan bracket lain untuk menaruh pedal saat dilepas dari crank arm - untuk dipasang di bawah atau rel sadel.


    Selain itu, beberapa tipe pedal QR juga dilengkapi semacam klip yg terbuat dari bahan plastik campuran, yang berfungsi untuk “mengunci” agar bodi pedal yang terpasang di crank arm tidak mudah terlepas dari bracket-nya saat pedal dikayuh.


    Bila dibandingkan dengan pedal lipat, yang umumnya banyak terdapat pada sepeda lipat standar, desain pedal QR juga sangat beragam, lebih menarik dan lebih kuat, mengingat bodinya yang terbuat dari bahan alloy.


    Ditambah lagi, pedal QR sudah makin banyak tersedia di pasaran dengan variasi harga menarik pula.


    Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

  • Rekomendasi artikel

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.