Tips: Bikin Seli Jadi “Enak” di Segala Medan


 



Sepeda lipat alias seli sekarang ini telah menjadi favorit banyak orang, baik hanya untuk bersepeda santai, sarana transportasi untuk ke kantor/bekerja, bahkan touring.


Tapi, kondisi seli bawaan pabrik pada umumnya belum cukup nyaman saat dikendarai. Seli standar biasanya masih terasa berat saat dikayuh, terutama saat melewati tanjakan, atau malah ngicik atau los, ketika diajak melaju cepat di jalanan datar dan panjang.


Untuk mengatasi masalah tersebut, ada cara yang bisa kita lakukan. Cara ini pun telah banyak dilakukan oleh kalangan pengguna seli, terutama mereka yang sudah lama bersepeda dengan sepeda jenis lipat ini.


Agar seli enak di segala medan, Anda perlu menambah sejumlah part dan perlu biaya tambahan. Tapi bila dihitung-hitung, biayanya akan jauh lebih lebih murah, ketimbang Anda membeli sepeda baru.


Apa saja yang diperlukan?

 

Crankset Road (Balap)

Part yang utama adalah mengganti crankset bawaan sepeda dengan crankset jenis balap, baik yang tipe double atau triple chainring. Crank jenis ini memiliki chainring dengan jumlah gigi terbesarnya antara 50 hingga 53T (tergantung tipe dan merek). crankset tipe double chainring biasanya memiliki harga lebih murah.


Penggantian crank ini adalah agar rider mendapatkan 'power' baik saat menanjak atau melaju di lintasan datar. 

 

Crank road (balap double charing) 50-39T, bisa digunakan untuk bikin seli jadi enak di segala medan, dengan BB "kotak" bawaan seli.   

 

Sebelum membelinya, Anda perlu mempertimbangkan jenis bottom bracket (BB) dari tipe crankset – ada yang tipe Square (kotak) dan Hollow. Bila ingin mendapatkan kualitas berkendara yang maksimal, crank dengan BB jenis hollow bisa jadi pilihan. Tapi perlu diingat, bila BB di sepeda Anda masih menggunakan tipe kotak, maka Anda juga harus membeli BB jenis hollow pula.


Untuk opsi yang lebih murah, Anda bisa membeli crank balap jenis kotak. Crank ini nantinya sudah bisa langsung dipasang ke sepeda, tanpa harus membeli BB yang baru.


Shifter (Depan)

Sesuai namanya, shifter berfungsi untuk mengatur gigi pada sepeda. Perlu diingat, jenis shifter yang disiapkan adalah shifter untuk MTB (sepeda gunung), bagian depan (kiri) saja, dengan fitur 3 atau 2 speed.


Yang menggembirakan, FD depan (kiri) saat ini banyak ditawarkan di pasar daring shifter depan saja, dalam berbagai merek dan tipe. Jadi Anda pun bisa memilih, sesuai dengan budget

 

Shifter bisa menggunakan shifter MTB Shimano Alivio atau tipe lainnya.

 


Front Deralleur (FD)

Part lain yang dibutuhkan adalah Front Derailleur (FD). Part ini berfungsi untuk memindahkan rantai  ke chainring yang diinginkan, lewat kabel yang dikontrol dari shifter.


Mengingat dipasaran terdapat beberapa jenis FD, maka FD yang perlu disiapkan adalah tipe braze-on. Tipe ini memiliki desain yang paling cocok untuk seli, lantaran diameter seat tube seli yang besar - 30 mm atau lebih. 

 

FD tipe braze-on yang dipasang pada FD adaptor (warna gold) berfungsi untuk memindahkan rantai pada posisi chainring yang diinginkan.

 


FD Adaptor (Opsional)

Sebelum membelinya, perhatikan frame seli Anda. Bila di bagian bawah seat tube terdapat elemen metal yang berbentuk seperti kuping, dengan lubang di tengahnya, Anda boleh bergembira. Sebab, Anda tidak perlu membeli komponen tambahan lagi. Tapi bila tidak tersedia, maka Anda perlu membeli FD adaptor.


FD adaptor berfungsi untuk memosisikan FD dan umumnya dipasang dengan sistem clamp (jepit). FD adaptor ini juga telah banyak tersedia di pasar daring.


Untuk diketahui, agar FD adaptor bisa berfungsi secara maksimal, adakalanya perlu dikikis di bagian tertentu.

 

Kabel Shifter

Selain part di atas, Anda juga membutuhkan kabel. Part ini diperlukan untuk membungkus kabel shifter.


Setelah semua bahan tersedia, Anda bisa mulai memasang semua part ke tempatnya masing-masing. Tapi bila belum menguasai teknik pemasangannya, Anda bisa membawa sepeda dan semua part tersebut ke bengkel sepeda terdekat untuk dipasangkan.


Setelah semua part terpasang, jangan lupa untuk diseting ulang terlebih dulu dan dicoba untuk mengetahui apakah semua part sudah bekerja dengan baik atau belum. 

Dengan demikian, maka Anda memiliki fitur tambahan di gir depan, menjadi 2 speed, layaknya road bike. Gir depan yang besar, bisa digunakan untuk melaju di jalan datar. sedangkan saat menanjak, Anda bisa menggunakan gir depan yang kecil. 


Selamat mencoba dan mendapatkan sensasi baru dalam bersepeda!


***


Tips: Bikin Seli Jadi “Enak” di Segala Medan Tips: Bikin Seli Jadi “Enak” di Segala Medan Reviewed by Admin on Juli 17, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.